Program aplikasi pengolah grafik

Anda sudah mengenal tipe-tipe citra grafik dan beberapa karakteristiknya. Sekarang kita akan mempelajari beberapa program aplikasi grafis yang dapat digunakan untuk membuatnya. Ada banyak sekali program aplikasi grafis yang beredar, sebagian di antaranya adalah: windows paint, macromedia freehand, autocad, swift 3D, maya 3D, adobe photoshop, corel draw, corel photopaint, adobe ilustrator, dan sebagainya.  Program-program aplikasi grafis tersebut dapat dikelompokkan menjadi 2 golongan besar yaitu program aplikasi grafis berbasis bitmap dan program aplikasi grafis berbasis vektor.

Di antara program-program aplikasi yang disebutkan diatas, yang termasuk program aplikasi grafis bitmap adalah : paint, adobe photoshop, corel photopaint, sedangkan sisanya adapah program aplikasi grafis berbasis vektor.

Selain dikelompokkan berdasarkan tipe citra (bitmap ataukah vektor) yang dihasilkannya, program-program aplikasi tersebut dapat juga dikelompokkan berdasarkan caranya mengolah citra yaitu dikelompokkan menjadi program aplikasi grafis dua dimensi (2D) dan program aplikasi grafis tiga dimensi (3D).

Apakah foto yang ditransfer dari kamera digital ke komputer anda merupakan citra 2D ataukah 3D? Jika anda dapat melihat gambar keseluruhan tubuh anda di layar komputer, berarti gambar tersebut merupakan citra 3D. Kenyataannya gambar atau foto anda di komputer merupakan citra 2D. Seperti apakah citra 3D? Jika gambar yang ada di komputer (misalnya gambar orang) dapat dilihat dari sisi samping, belakang, atas maupun bawah, berarti citra tersebut merupakan citra 3D. Jadi, anda seperti melihat sebuah patung nyata.

Hampir semua program aplikasi grafis 3D adalah pengolah vektor. Salah satu program pengolah grafis 3D yang banyak digunakan adalah autocad. Software autocad banyak digunakan untuk desain 3 dimensi, sesuai dengan namanya, CAD=computer aided design. Desain rumah (arsitek) dan desainer mobil atau mahasiswa teknik (sipil, mesin, arsitektur) banyak yang memanfaatkan software ini. Namun, dalam kenyataannya software aplikasi ini agak sulit dipelajari dan memakan waktu relatif lama terutama bagi pemula sehingga jarang diajarkan pada siswa sekolah. Namun jika tertarik pada bidang teknik dan desain grafis, anda bisa mempelajarinya secara mandiri sedikit demi sedikit sehingga jika nanti anda menjadi mahasiswa dengan jurusan teknik, anda sudah mahir menggunakannya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: