Hargailah pertanyaan anak anda

Anak yang banyak mengajukan pertanyaan cenderung lebih cerdas dibanding yang sebaliknya. kenyataan ini merupakan salah satu temuan lapangan menarik dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh UKSW salatiga. dalam penelitian tersebut juga ditemukan bukti bahwa anak yang banyak mengajukan permintaan dan bahkan suka “mengganggu” orangtuanya cenderung lebih cerdas daripada anak yang pasif. ini adalah sebuah contoh yang menunjukkan banyak sedikitnya interaksi antara anak dengan orangtua atau dengan orang dewasa lainnya akan menentukan perkembangan kecerdasan anak.
untuk mengindentifikasi faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual anak digunakan dua macam alat tes. yaitu tes yang berlatar belakang teoritis aliran geneva dan yang berlatar belakang teori perkembangan anak alira harvard school. temuan penting diperoleh sehubungan dengan pola interaksi antara anak dengan orangtua maupun orang dewasa lain. bentuk interaksi yang dimaksudkan antara lain bermain bersama anak, memberi kesempatan dan mendorong anak untuk melakukan pekerjaan tertentuk di sekitar rumah dan mendorong atau merangsang anak untuk lebih banyak bertanya. tampaknya interaksi verbal merupakan bentuk yang sangat penting dan bermanfaat terutama dalam usaha mendorong anak bertanya. tentu saja hambatan utama yang dikemukakan adalah apabila kedua orangtua bekerja di luar rumah cukup lama dalam kesehariannya.
penelitian ini juga menggambarkan bahwa anak yang mendapatkan “hukum verbal” (berupa nasihat atau teguran) cenderung memperoleh hasil yang baik pada tes kognitif. bahkan anak yang lebih sering “mengganggu” orangtua juga cenderung mencapai nilai yang lebih tinggi pada tes kognitif. hal ini menunjukkan betapa pentingnya interaksi antara anak-orangtua.
dari sini bisa dipetik pelajaran tentang pentingnya interaksi antara anak dengan orang dewasa, khususnya orangtua, untuk perkembangan anak. sarana yang dibutuhkan tidak mahal, bahkan sangat sederhana dan dapat diperoleh di semua lingkungan kota maupun desa.(A. Gultom, Budi Susilo, M. Shelly)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: