Corel Corporation

Perusahaan corel didirikan oleh Michael Cowpland pada tahun 1985. Nama Corel merupakan singkatan dari Cowpland Research Lebaoratory karena memang semula dimaksudkan sebagai laboratorium riset sebelum akhirnya berkembang menjadi perusahaan komersial. Perusahaan ini bermarkas di Ottawa, Ontario-Canada.

Perusahaan ini memperlihatkan sukses besar di awal booming hitech pada dekade 90-an dengan produk software grafis yang diberi nama CorelDraw. Hal ini menjadikannya perusahaan software terbesar di canada pada waktu itu. Corel telah menjadikan para investornya kaya raya.

Namun, kesuksesan itu tak berlangsung lama karena corel harus menghadapi pesaing utamanya, yaitu Microsoft, setelah mendapatkan aplikasi wordperfect pada tahun 1996. Corel wordperfect yang harus bersaing keras dengan Microsoft Word ternyata kurang berhasil.

Adanya wordperfect sebagai produk corel ini mengubah spesialisasi corel. Jika adobe systems tetap fokus pada software grafis dan publishing. Corel terlihat melakukan difersifikasi produk. Wordperfect yang merupakan aplikasi pengolah kata ini menjadikan corel bukan lagi perusahaan spesialis software grafis. Berikutnya muncul pula produk-produk corel lain seperti corel video, barista, corel computer, corel linux.

Pada desember 2006, corel mengumumkan selesainya proses pengambilalihan intervideo dan ulead sebagai bagian dari corel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: