Memilih Program Aplikasi Grafis

Program aplikasi grafis apakah yang cocok anda gunakan? Anda sudah dibekali pengetahuan tentang tipe-tipe citra grafis serta atribut-atributnya. Ada banyak pilihan. Namun, untuk memulai belajar (sebagai pemula) sebaiknya anda memilih program aplikasi yang sederhana dan relatif mudah dipahami.

Ada lagi satu pengetahuan yang cukup penting bagi anda. Program-program aplikasi grafis yang tersedia menawarkan fasilitas-fasilitas yang beragam. Ada yang sekedar memberi fasilitas pembuatan gambar (image creator), ada pula yang menawarkan pengolahan citra (image processing) yang lengkap.

Untuk program aplikasi grafis berbasis vektor, anda bisa memilih macromedia freehand yang cukup mudah dan praktis atau corel draw yang lebih lengkap fasilitasnya. Untuk program aplikasi grafis berbasis bitmap, anda bisa memilih windows paint yang sederhana atau adobe photoshop yang lebih fleksibel serta lengkap fasilitasnya.

Di dunia percetakan terutama yang melibatkan banyak citra bitmap, photoshop telah menjadi pilihan utama karena fasilitas yang ditawarkannya,. Efek-efek grafis dan pemrosesan digital tingkat lanjut yang sangat artistik pun dimungkinkan dalam photoshop. Biasanya, sebelum dicetak secara kolektif, gambar bitmap akan diolah (diproses) dalam photoshop. Pemrosesan itu dapat berupa pemberian efek filter, penyesuaian warna, pengaturan resolusi citra, penyesuaian ketajaman gambar, ataupun penyesuaian ukurannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: