Gambar Kartun dan Animasi

Pernahkah anda menonton film kartun seperti misalnya Detektif Conan, Donald Bebek, Doraemon atau The Lion King ?

dalam film-film tersebut terlihat tokoh-tokoh kartun bergerak dengan dinamis. bagaimanakah cara membuat film kartun?. film kartun memerlukan gambar yang sangat banyak agar terlihat bagus gerakannya. dalam hal ini, seorang pembuat film kartun membuat gambar tiap adegan (frame) dan menggabungkannya secara urut sehingga gambar terlihat “bergerak”. Satu film kartun berdurasi singkat bisa melibatkan ribuan gambar.

dengan bantuan komputer, proses pembuatan film kartun dapat lebih mudah dan lebih cepat. selain itu, efek-efek grafis seperti warna-warna yang dinamis dapat lebih mudah diterapkan.

sebuah gambar kartun, kadang tak sepenuhnya digambar menggunakan komputer. seorang ilustrator bisa saja menggambar di atas kertas, men-scan-nya, memasukkannya ke komputer dan mengeditnya (memberi efek lanjutan) menggunakan program aplikasi grafis.

sekarang ini bahkan telah terdapat software yang memungkinkan dibuatnya animasi secara cepat dan relatif mudah dengan hanya menggambar frame-frame tertentu saja untuk memberikan efek gerak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: