Manipulasi Gambar di Internet

Dengan ditemukannya perangkat aplikasi grafis yang canggih, manipulasi sebuah gambar hasil bidikan kamera digital dapat dilakukan lebih leluasa. keahlian dan keterampilan sang pengolah grafis mampu menyamarkan manipulasi yang dilakukannya pada gambar sehingga seakan-akan gambar yang dihasilkan asli adanya.

Dengan software image processor, anda bisa terlihat berpose di tempat-tempat tertentu yang sebenarnya belum pernah anda kunjungi. pada teknik fotografi konvensional, hal ini dilakukan dengan memberikan latar belakang pemotretan sesuai yang diinginkan, misalnya anda ingin terlihat berpose di depan menara Italia, sang fotografer harus menyediakan gambar gedung tersebut sebagai latar belakang untuk memotret anda, hal ini tentu saja kurang fleksibel, kurang praktis dan bisa jadi terlalu mahal.

Bandingkan dengan teknik fotografi modern yang dipadukan dengan seni grafis komputer. dalam fotografi modern, pengambilan gambar dilakukan menggunakan kamera digital. gambar dari kamera digital tersebut bisa langsung ditransfer ke komputer untuk di-retouching bila perlu. jika tersedia foto-foto berbagai tempat di dunia, anda bisa memilihnya sebagai latar belakang anda berpose. setelah dicetak, anda akan tampak alami berpose di tempat yang anda pilih. dalam hal ini yang dilakukan adalah prinsip penggabungan gambar.

Namun sayang, fasilitas perangkat lunak canggih dan keahlian grafis seseorang kadang disalahgunakan untuk mengekspos foto pribadi orang lain di internet secara tidak bertanggungjawab. Seseorang bisa saja tiba-tiba terlihat berpose dengan pakaian yang kurang sopan, meskipun hal itu tak pernah dilakukannya. Sebagian foto aslinya digabungkan dengan foto badan orang laain yang berpakaian kurang sopan. dengan pengolahan citra secara teliti, sekilas gambar gabungan itu bisa tampak asli, tetapi jika ditelusuri menggunakan perangkat lunak tertentu dapat dilihat batas-batas gabungan gambar tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: