Mengoptimalkan Fasilitas Bantuan pada Photoshop

Fasilitas bantuan pada photoshop meliputi ruler, guide, shortkey, dan toolbox. Ruler atau penggaris di tepi kanvas dapat digunakan sebagai panduan untuk membuat gambar dengan ukuran tertentu secara teliti. Ruler dapat dimunculkan ataupun disembunyikan dengan menekan tombol Ctrl+R. Satuan ukuran pada ruler dapat diatur dengan klik kanan pada ruler tersebut dan klik satuan (unit) yang diinginkan.

Untuk mengoptimalkan penggunaan ruler, anda dapat memunculkan guide, yaitu garis vertikal ataupun horizontal untuk memudahkan pengaturan posisi objek. klik ruler bagian atas dan drag ke bawah area kanvas untuk memunculkan horizontal guide. untuk memunculkan vertical guide, klik ruler sebelah kiri kemudian drag ke kanan ke kanvas.

Untuk mempercepat kerja anda dan untuk efisien waktu, anda dapat menggunakan shortkey seperti Crtl+S untuk menyimpan, Ctrl+O untuk membuka file, Ctrl+N untuk membuka file baru, dan lainnya. hal ini cukup menghemat waktu anda meskipun pada awalnya anda harus menghafalkannya.

Toolbox yang berisi menu-menu standar editing sangat membantu proses manipulasi gambar. dengan hanya satu klik, anda dapat mengakses fasilitas tertentu yang jika anda akses melalui pulldown menu membutuhkan beberapa langkah. jadi, toolbox merupakan jalan pintas mengakses pulldown menu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: