Merintis Sistem Informasi Matahari

Sejak 1995, Observatorium Matahari Watukosek, LAPAN, telah memanfaatkan teknologi internet untuk memberikan layanan informasi mengenai aktivitas matahari kepada masyarakat dunia.

Peristiwa gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 11 Juni 1983, telah mengilhami pendirian Observatorium Matahari Watukosek. Selanjutnya, bedasarkan kesepakatan LAPAN (Ir. J. Soegijo, sebagai kepala pusat riset dirgantara, waktu itu) dengan divisi matahari National Astronomical Observatory of japan (NAOJ), yang diwakili oleh Prof. Eijiro Hiei, dibangunlah suatu observatorium matahari bertaraf internasional. setelah melalui berbagai pertimbangan dan survei, maka ditetapkan Watukosek, pasuruan sebagai tempat observatorium matahari.

Salah satu indikator aktivitas matahari adalah pemunculan bintik matahari (sunspot). bintik tersebut tampak lebih hitam dibandingkan fotosfer sekitarnya karena temperaturnya lebih rendah. dengan memantau bintik ini setiap hari, dapat diketahui apakah tingkat aktivitas matahari meningkat, menurun atau relatif stabil. Teleskop optik watukosek dirancang untuk mengambil citra matahari, baik menggunakan film sebagai detektor ataupun sketsa secara manual. setelah seluruh parameter pengamatan ditentukan, data dimasukkan ke basis data teks (ASCII) dengan format tertentu. data tersebut kemudian ditampilkan dalam koordinat heliografis di layar monitor. Tahun 1991 observatorium matahari watukosek sudah diakui secara internasional.

Agar informasi mudah diakses oleh masyarakat luas, suatu program konverter dibuat untuk membaca basis data dan menghasilkan suatu tabel aktivitas matahari dalam format file Hypertext Markup Language (HTML). Kemudian, file ini diupload ke web server. bagi masyarakat yang ingin mengakses data matahari watukosek, pada halaman depan diisi password yaitu “discovery” dan menekan tombol “GO”. Maka, akan ditampilkan menu pilihan pada halaman berikutnya. Pengguna diminta memilih tipe data matahari, yaitu “Sunspot”, bulan dan tahun dari pull down menu, lalu menekan tombol “search”. informasi aktivitas matahari ditampilkan di bawah menu, pada halaman yang sama.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: