Sejarah Internet

Sejarah perkembangan internet diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakarsai oleh lembaga yang bernama ARPAnet yang pada saat itu menghubungkan 4 buah komputer yang masing-masing berada di Stanford Research Institute (SRI), universitas on california of los angeles (UCLA), universitas utah charley kline, dan universitas california santa barbara (UCBS). saat itu, penggunaan bandwidth masih sekitar 50 kbps yang dimiliki oleh ATT (American telephone anda telegraph). kemudian pada tahun 1983, dengan ditemukannyan protokol TCP/IP mulailah dikenal istilah internet. awalnya, internet hanya digunakan untuk kepentingan akademik dan militer di Amerika Saja. Namun seiring dengan perkembangan waktu, mulai tahun 1990-an internet mulai digunakan secara meluas di kalangan masyarakat umum.

Tahun 1995, mulailah dikenal teknologi world wide web atau biasa disebut web yang berfungsi untuk menggantikan FTP, yaitu teknologi untuk melakukan proses pertukaran data. dengan teknologi ini, internet dapat menyediakan informasi dalam bentuk multimedia. saat ini, internet bahkan dapat digunakan melalui telepon dan alat komunikasi mobile seperti handphone atau PDA dengan menggunakan teknologi WAP.

menurut situs internet http://www.internetworldstats.com, hingga pertengahan tahun 2005 pengguna internet telah mencapai 938.710.929 jiwa manusia atau sekitar 14,6 % dari seluruh total jumlah penduduk dunia pada tahun tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: