Google Wave

Google Wave adalah sebuah alat komunikasi yang membantu para pengguna internet untuk dapat berkomunikasi dan berkolaborasi di web secara realtime. Wave merupakan percakapan dan dokumen , dimana para penggunanya dapat berkomunikasi dan bekerjasama dengan teks berformat foto,video,peta, dan banyak lagi. Google Wave dirancang dan dipersiapkan oleh google yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan komunikasi layaknya email dan instant messaging dengan cara yang terbaru. Hal ini menjadi terobosan terbaru di dunia internet. Kasarnya anda dapat membawa kelompok teman atau rekan bisnis anda bersama untuk mendiskusikan apa saja yang terjadi dan anda juga dapat berbagi data.

Wave pertama kali diperkenalkan pada konferensi google I/O di San Fracisco pada 27 Mei 2009. Seperti dikutip dari TechCrunch, Senin (1/6/2009), Wave disebut-sebut sebagai ‘wujud e-mail jika diciptakan pada masa kini’. Google Wave ini dibuat oleh team Google yang berada di Sydney, Australia. Team intinya terdiri dari 2 bersaudara, yaitu Jens dan Lars Rasmussen, dan lead project manager dipimpin oleh Stephanie Hannon, semua itu adalah team inti dari development Google Maps yang sangat canggih. Google Wave bisa dianalogikan sebagai lapisan dasar atau fondasi sebuah platform yang di dalamnya terdapat beberapa ruang plaform yang telah diatur sedemikian rupa, Ada beberapa definisi dari Google untuk memahami communication platform ini.

Beberapa fitur teknis yaitu :

  • Real-time: Dalam segala hal, anda dapat melihat apa yang sedang orang lain ketik dari karakter per karakter, bukan hanya melihat pesan “…sedang typing”.
  • Embeddability: Waves dapat menyimpan data ke blog atau website.
  • Applications and Extensions: Sama seperti halnya dengan facebook ataupun iGoogle gadget, sang pemilik akun dapat membuat aplikasinya sendiri untuk wave.
  • Wiki functionality: Semua yang ditulis di dalam Google Wave dapat di edit oleh orang lain karena semua percakapan di antara masing – masing statusnya terhubung. Sehingga anda dapat memperbaiki informasi menambahkan informasi bahkan menambahkan komentar anda sendiri saat melakukan percakapan.
  • Open source: Google Wave akan diberikan secara langsung dari sumbernya, untuk mempercepat inovasi dan adaptasi para developer.
  • Playback: Anda dapat melihat pada bagian manapun di dalam wave untuk melihat urutan pembicaraan.
  • Natural language: Google Wave dapat melakukan autocorrect pada spelling, bahkan dapat mengetahui perbedaan antara kata yang mirip seperti, “been” dan “bean.”
  • Drag-and-drop file sharing: Tidak memerlukan attachment; anda dapat langsung menarik data anda dan meletakknya kedalam Google Wave dan lainnya akan dapat mengakses.

Ini adalah sebagian dari Google Wave, karena penggunaanya sangat mudah, ini tentu saja akan menarik banyak perhatian orang

(sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Google_Wave)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: