Monitor

Monitor merupakan komponen output yang digunakan untuk menampilkan teks atau gambar ke layar sehingga dapat dinikmati oleh pemakai. monitor ini sering juga disebut sebagai video display. sesuai dengan kemampuan dalam menampilkan gambar, kita akan mengelompokkan monitor menjadi dua kelompok yaitu monochrome display dan color display. yang termasuk dalam kelompok monochrome display adalah monitor yang hanya memiliki kemampuan untuk menampilkan warna tunggal saja. sedangkan color display menggunakan tiga sinar elektron yang terpisah yaitu merah, biru dan hijau yang dapat dikombinasikan membentuk warna-warna di layar.

Berbagai jenis monitor

dengan perkembangannya yang sangat pesat, saat ini terdapat tiga jenis teknologi monitor. ketiga golongan teknologi tersebut adalah CRT (cathode ray tube), liquid crystal display (LCD) dan plasma gas.

Cathode Ray Tube

pada monitor CRT, layar penampil yang digunakan berupa tabung sinar katoda. Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar. sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap.

teknologi CRT merupakan teknologi termurah dibanding dengan kedua teknologi yang lain. meski demikian resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan. hanya saja energi listrik yang dibutuhkan cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat

Liquid Crystal Display

monitor LCD tidak lagi menggunakan tabung elektron tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang dapat berpendar. teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel Display dengan layar berbentuk pipih dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT. karena bentuknya yang pipih, maka monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan banyak digunakan pada komputer-komputer portabel

kelebihan yang lain dari monitor LCD adalah adanya brightness ratio yang telah menyentuh angka 350:1. brightness ratio merupakan perbandingan antara tampilan yang paling gelap dengan tampilan yang paling terang

liquid crystal display menggunakan kristal liquid yang dapat berpendar. kristal cair merupakan molekul organik kental yang mengalir seperti cairan, tetapi memiliki struktur spesial seperti kristal. dengan menyorotkan sinar melalui kristal cair, intensitas sinar yang keluar dapat dikendalikan secara elektrik sehingga dapat membentuk panel-panel datar.

plasma gas

monitor jenis ini menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT.

2 responses to this post.

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: